Artikel

Jangan Panik! Berikut Ini Cara Mengurus ATM Hilang

2023-01-23 00:00:00 3077
Jangan Panik! Berikut Ini Cara Mengurus ATM Hilang

Musibah dapat menimpa siapa saja. Salah satunya yaitu kehilangan kartu ATM yang terjadi karena kelalaian diri sendiri, tertelan mesin ATM, maupun menjadi korban kejahatan seperti pencurian, hipnotis, dan lain sebagainya. Jika hal ini menimpa Anda, segara lakukan cara mengurus ATM hilang di bawah ini.

Cara mengurus ATM hilang berikut ini bisa dengan mudah Anda terapkan untuk berbagai jenis kartu. Yang terpenting, pastikan Anda melakukannya dengan benar dan menyiapkan beberapa informasi yang mungkin ditanyakan oleh pihak bank dan kepolisian.

 

Cara Mengurus ATM Hilang

Jangan panik, berikut ini 4 cara mengurus ATM hilang beserta langkah-langkahnya. Simak baik-baik penjelasan yang ada!

1. Lapor ke Customer Service Bank dan Minta Pemblokiran Kartu

Kartu ATM hilang memang cukup merepotkan dan menambah beban pikiran. Jika kartu ATM Anda hilang, segera hubungi customer service (CS) bank untuk melakukan pemblokiran kartu. Dengan begini kartu ATM milik Anda tidak akan disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Pada saat melakukan pemblokiran, pihak CS biasanya akan menanyakan beberapa informasi penting terkait ATM Anda, mulai dari nomor rekening, perkiraan jumlah saldo yang tersisa, sampai dengan transaksi terakhir yang Anda lakukan. 

cara mengurus atm hilang

Image Source: Pexels/Mikhail Nilov

Tips Pemblokiran Kartu ATM

1. Lakukan pemblokiran kartu sesegera mungkin maksimal 1X24 jam.

2. Pastikan Anda menghubungi nomor customer service sesuai dengan bank yang dipilih. Nomor ini umumnya berada di bagian belakang buku tabungan, terdapat di situs resmi bank, ataupun tertempel di bagian depan mesin ATM.

Meskipun begitu, Anda tetap perlu waspada dengan nomor yang tertempel pada bagian bodi mesin ATM. Pasalnya, tidak sedikit modus penipuan yang sengaja mengganti nomor CS untuk meminta pin dan menguras isi rekening.

3. Jika sudah tersambung dengan CS bank, segera sampaikan kendala yang Anda alami dan sebutkan nama lengkap serta nomor rekening Anda.

4. Catat nama CS dan waktu dilakukannya pemblokiran. Informasi ini diperlukan untuk menghindari adanya transaksi yang terjadi pasca kartu diblokir.

2. Transfer Saldo Ke Rekening ATM Lainnya

Cara mengurus ATM hilang selanjutnya yakni dengan cara mentransfer sisa saldo yang Anda miliki ke rekening lainnya. Seperti yang kita tahu, transaksi perbankan kini lebih mudah dengan layanan internet banking (mbanking) dan SMS banking. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengamankan saldo yang ada. Langkah ini sebaiknya Anda lakukan sebelum mengajukan pemblokiran kartu ATM.

Anda juga bisa melakukan cek mutasi dari saat kartu ATM Anda hilang dan mengingat kembali kapan kali terakhir Anda melakukan transaksi bilamana Anda baru sadar jika kartu tersebut sudah hilang dari beberapa hari yang lalu.

3. Mengurus Surat Kehilangan di Kantor Polisi

Selain cara mengurus ATM hilang dengan melakukan pemblokiran dan mentransfer sisa saldo yang ada, Anda juga disarankan untuk mengurus surat kehilangan di kantor polisi terdekat.

Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif jika terjadi penyalahgunaan oleh pihak tidak bertanggung jawab, sehingga investigasi akan lebih mudah dilakukan jika terjadi transaksi ilegal. Pihak bank dapat membantu Anda untuk mengembalikan uang yang hilang.

Proses pembuatan surat keterangan ATM hilang memakan waktu kurang lebih 5 menit di luar dari antrian yang ada. Pembuatan surat ini tidak kenakan biaya alias GRATIS.

4. Buat Kartu ATM yang Baru

Cara mengurus ATM hilang yang terakhir yaitu dengan cara membuat kartu baru. Dengan adanya kartu baru ini Anda dapat kembali mengakses rekening Anda dan melakukan transaksi dengan aman.

Persyaratan Membuat Kartu Baru

  • Melampirkan surat keterangan hilang dari pihak kepolisian

  • Fotokopi KTP

  • Nomor rekening dan pin

  • Buku Tabungan

Tahapan Pembuatan Kartu Baru

1. Kunjungi kantor cabang bank terdekat.

2. Sampaikan maksud dan tujuan Anda ke satpam yang bertugas.

3. Anda akan diberi nomor antrian dan tunggu sampai nomor Anda dipanggil oleh petugas.

4. Jelaskan permasalahan yang Anda hadapi ke pihak customer service.

5. Pihak CS akan menanyakan nomor rekening dan pin Anda untuk memastikan jika tidak terdapat transaksi ilegal oleh pihak lain. Anda juga bisa meminta rekening koran untuk benar-benar memastikannya.

 

Baca Juga: Pakai Pembayaran Cashless, Ide Usaha Ini Cukup Menguntungkan
 

Tips Menghindari ATM Hilang

Setelah Anda mengetahui cara mengurus ATM hilang, tidak ada salahnya jika Anda menerapkan tips berikut untuk menghindari terjadinya hal serupa maupun mencegah kartu milik Anda hilang.

cara mengurus atm hilang

Image Source: Aukid phumsirichat

1. Simpan Kartu di Tempat yang Aman dan Mudah Diingat

Jangan taruh kartu di sembarang tempat. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan mudah diingat. Kerusakan pada sensor kartu akibat ditaruh di permukaan yang kasar akan menyebabkan kartu ATM sulit terbaca oleh mesin dan tertelan.

Selain untuk menghindari kehilangan atau kecurian ATM, menaruh ATM di tempat yang aman dan mudah untuk diingat akan memudahkan Anda untuk mencari ATM saat sedang membutuhkannya.

2. Simpan Kartu ATM Bersamaan dengan Kartu Penting Lainnya

Kartu penting seperti ATM, umumnya ditaruh berbarengan dengan kartu lainnya, sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya.

3. Simpan Nomor Kontak Darurat dari Bank

Setiap bank memiliki nomor kontak darurat seperti customer service yang bisa Anda hubungi saat Anda terkendala akan suatu hal. Dengan menyimpan nomor tersebut, Anda tidak akan panik jika kartu ATM Anda hilang atau dicuri.

4. Hindari Mengambil Uang di ATM yang Sepi dan Sering Bermasalah

Jika kartu ATM Anda pernah tertelan sebelumnya, ada baiknya Anda tidak menggunakan mesin ATM yang sama. Selain itu, Anda juga bisa menghindari ATM yang sepi atau tidak diawasi oleh satpam untuk meminimalisir terjadinya tindak pencurian maupun pembajakan mesin ATM oleh pihak tidak bertanggung jawab.

5. Pakai Aplikasi Mbanking yang Terhubung Langsung dengan Mesin

Saat ini sudah banyak bank yang menerapkan cara lebih aman saat menarik uang dari mesin ATM. salah satu caranya yaitu melalui mbanking yang terhubung langsung dengan mesin ATM. Jika opsi ini sudah ada pada bank Anda, Anda bisa menggunakannya sebagai tindakan preventif kartu ATM hilang atau tertelan.

Di samping itu, jangan pernah menginformasikan nomor kartu Anda ke siapapun. Sebab, penggunaan kartu debit atau kredit memungkinkan untuk digunakan meski tanpa pin sekalipun.

Sobat BFI, demikian cara mengurus ATM hilang ala BFI Finance. Pastikan untuk selalu berhati-hati saat menyimpan kartu ATM maupun pada saat bertransaksi. Lakukan penggantian pin secara berkala.

Solusi Pembiayaan Anda

Butuh dana cepat untuk penuhi kebutuhan Anda atau mewujudkan impian yang selama ini tertunda? Ajukan pembiayaan ke BFI Finance!

Berbagai keuntungan bisa Anda dapatkan dengan mengajukan pinjaman jaminan BPKB Motor, Mobil, dan Sertifikat Rumah. Informasi selengkapnya dapat Anda peroleh melalui tautan di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Pinjam di BFI Finance Prosesnya cepat dan mudah, dapatkan pinjaman dana jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah pencairan hingga 85% jika persyaratan lengkap. 

Sumber: