Bisnis

Apa Itu Testimoni: Definisi, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Admin BFI
30 March 2023
19249
Apa Itu Testimoni: Definisi, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Pernahkah Anda mendengar kata ‘testimoni’? Kata tersebut kiranya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan dari kita. Kata ini kerap kali kita jumpai sehari-hari di berbagai tempat, mulai dari kemasan produk, iklan di media massa, sampai dengan postingan di media sosial.

Namun, apa itu testimoni sebenarnya dan mengapa testimoni memiliki peranan yang penting untuk keberlangsungan suatu bisnis? Agar tidak salah kaprah dalam mengartikan kata ini, mari kita bahas selengkapnya di artikel yang satu ini.

 

1. Definisi Testimoni

Apa itu testimoni? Testimoni adalah sebuah ulasan atau pernyataan yang diberikan oleh seseorang atau sebuah kelompok terkait pandangan mereka terhadap suatu produk, layanan, dan lain sebagainya.

Pernyataan yang diberikan dapat berupa respon positif maupun negatif, tergantung dari kesan yang diterima oleh orang yang memberikan testimoni. Pada dasarnya, kehadiran testimoni dapat menguntungkan banyak pihak.

Melalui testimoni penjual akan terbantu untuk memasarkan produknya secara gratis dari testimoni positif yang diberikan oleh para pelanggan. Testimoni positif mampu membuat orang lain tertarik untuk membeli produk yang dijual serta dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk, pelayanan, maupun reputasi.

Di sisi lain, adanya testimoni juga turut membantu calon pembeli untuk menentukan pilihan terhadap suatu produk. Dengan begitu mereka dapat menghindari produk atau layanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

Testimoni dapat diberikan secara tertulis maupun lisan dan diberikan secara langsung ataupun diminta. Secara garis besar, testimoni adalah informasi yang bersifat objektif dari seseorang atau kelompok yang membagikan pengalamannya terkait produk atau layanan secara langsung.

2. Jenis-Jenis Testimoni

Setelah Anda mengetahui apa itu testimoni, selanjutnya mari kita bahas apa saja jenis-jenis testimoni yang ada.

2.1. Testimoni Berupa Tulisan

Jenis testimoni yang pertama adalah testimoni berupa tulisan. Testimoni yang satu ini cukup populer dan dinilai efektif untuk menarik perhatian publik.

Pasalnya, testimoni yang satu ini ditulis langsung oleh mereka yang memiliki pengalaman terhadap suatu produk atau jasa. Para pelaku bisnis juga seringkali mengutip testimoni seperti ini sebagai salah satu strategi pemasaran.

Testimoni ini dapat dengan mudah kita temui di situs web, kemasan produk, brosur, sosial media, laman toko online, dan lain-lain.

2.2. Testimoni Berupa Video

Kedua yakni testimoni berupa video. Sesuai dengan namanya, testimoni yang satu ini dibuat dalam bentuk video dimana seseorang menceritakan pengalamannya terhadap suatu produk atau jasa.

Testimoni dalam bentuk video lazim ditemui di situs website brand, sosial media, maupun laman toko online di e commerce.

3.3. Testimoni Influencer

Jika sebelumnya kita membahas 2 jenis testimoni pelanggan dengan format tulisan dan video, selanjutnya mari kita bahas terkait testimoni influencer.

Apa itu testimoni influencer? Testimoni yang satu ini dibuat langsung oleh influencer atau mereka yang memiliki pengaruh besar terhadap suatu audiens atas dasar kesepakatan yang dibuat di awal atau istilah lainnya Endorse.

Jenis testimoni yang satu ini seringkali dipilih oleh para penjual atau brand untuk menaikan brand awareness, meraih simpati publik, dan mendongkrak penjualan.

 

Baca Juga: Branding Adalah: Pengertian, Jenis, dan Tips Melakukannya

 

3.4. Testimoni Pelanggan

Testimoni jenis ini diberikan langsung oleh para pelanggan yang telah menggunakan suatu produk atau layanan tertentu. Testimoni pelanggan dapat kita temui di ulasan produk online maupun dari survei kepuasan pelanggan.

3.5. Testimoni Ahli

Testimoni ahli adalah ulasan yang diberikan oleh ahli di bidang terkait mengenai suatu produk atau layanan tertentu. Kehadiran testimoni ini mampu memberikan kredibilitas tambahan pada produk atau jasa, sehingga calon pembeli lebih yakin untuk memilih produk tersebut.

3.6. Testimoni Media

Terakhir, testimoni media yang diberikan langsung oleh media seperti majalah, surat kabar, atau situs web yang telah meninjau suatu produk atau layanan. Adanya testimoni media dapat memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat karena media memiliki jangkauan audiens yang luas.

 

Baca Juga: 23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

 

4. Fungsi Testimoni

Testimoni adalah ulasan pelanggan yang dapat membawa dampak signifikan bagi penjual ataupun brand. Berikut ini beberapa fungsi dari adanya testimoni yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Testimoni

Image Source: Unsplash/abillion

4.1. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pembeli

Testimoni dapat membantu meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh penjual atau brand. Testimoni positif yang diterima dari pelanggan sebelumnya dapat membantu meyakinkan calon pembeli bahwa produk atau layanan tersebut terpercaya dan memiliki kualitas yang baik.

4.2. Meningkatkan Penjualan

Jika dikaitkan dengan pertanyaan apa itu testimoni sebenarnya, testimoni sendiri merupakan salah satu alat pemasaran yang sangat efektif. Pasalnya, testimoni yang positif dapat menarik perhatian calon pembeli dan mendorong mereka untuk membeli produk atau layanan yang ada.

4.3. Meningkatkan Reputasi

Sudah jadi rahasia umum jika testimoni yang positif mampu menaikan citra suatu produk maupun brand di masyarakat luas. Ketika suatu brand memiliki banyak testimoni positif dari pembeli sebelumnya, hal ini tentunya dapat membantu membangun kepercayaan masyarakat sekaligus menjadi media promosi secara gratis.

4.4. Membantu Calon Pembeli Memahami Lebih Baik Tentang Produk atau Jasa

Melalui testimoni calon pembeli dapat terbantu untuk memahami suatu produk atau jasa lebih baik lagi, sehingga mereka mampu membuat keputusan yang tepat. Testimoni juga dapat membantu brand atau penjual untuk memperbaiki kualitas produk dan layanan yang diberikan.

4.5. Membantu Penjual Untuk Mengevaluasi Produk yang Ada

Testimoni berisikan ulasan atau komentar yang bersifat pribadi dari para pembeli terkait produk maupun pelayanan yang Anda berikan.

Setiap ulasan yang masuk dapat Anda jadikan sebagai bahan evaluasi untuk memahami apa yang disukai atau tidak disukai oleh para pembelo. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan, sehingga mampu mendongkrak penjualan yang ada.

4.6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Testimoni yang positif dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang mereka beli, mereka cenderung memberikan testimoni positif, yang dapat membantu perusahaan mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik pelanggan.

4.7. Mengurangi Biaya Pemasaran

Testimoni dari pelanggan dapat membantu mengurangi biaya pemasaran. Testimoni ini dapat berfungsi sebagai promosi gratis karena testimoni tersebut dapat dibagikan melalui media sosial atau website, yang dapat mencapai audiens yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

 

Baca Juga: Wajib Coba, Ini dia 10 Ide Usaha Online Modal Kecil Untung Berlipat!

 

5. Cara Mengumpulkan Testimoni

Sejauh ini mungkin sudah terbayang oleh Anda apa itu testimoni serta manfaatnya. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengetahui cara mengumpulkan testimoni yang tepat. Begini caranya.

5.1. Melalui Ulasan Online

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan testimoni yaitu dengan meminta pelanggan Anda untuk menuliskannya secara sukarela di sosial media maupun di search engine seperti Google atau situs web Anda.

5.2. Kolom Review di Marketplace

Kolom review yang ada pada marketplace sangat berguna untuk mendapatkan berbagai testimoni dari para pelanggan. Setiap testimoni yang terkumpul dapat Anda pilah lalu digunakan untuk kebutuhan promosi agar lebih banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli produk Anda.

5.3. Formulir Online

Cara ketiga yakni dengan memberikan formulir online kepada mereka yang sudah membeli produk dan jasa Anda. Dengan memberikan formulir, Anda dapat mendengar langsung testimoni para pelanggan terhadap produk Anda.

5.4. Permintaan Langsung

Testimoni sangat memungkinkan untuk Anda dapatkan saat Anda memintanya secara langsung kepada pembeli atau pengguna jasa Anda. Misalnya dengan meminta langsung melalui email, telepon, maupun sosial media. Selain testimoni, Anda juga dapat menanyakan feedback terkait produk atau jasa untuk kedepannya dapat dilakukan perbaikan yang mampu memuaskan banyak pelanggan.

Penting untuk diingat bahwa ketika meminta testimoni dari pelanggan, pastikan untuk memberikan arahan yang jelas tentang jenis testimoni yang diinginkan dan pastikan bahwa testimoni tersebut diberikan secara jujur dan akurat.

Sobat BFI, itulah bahasan terkait apa itu testimoni Keberadaan testimoni di jaman yang serba digital seperti saat ini sangatlah penting bagi para pelaku usaha karena dengan adanya testimoni Anda dapat meningkatkan reputasi, meningkatkan loyalitas pelanggan, serta menjadi salah satu strategi untuk menaikan penjualan. Semakin banyak testimoni positif yang Anda terima maka semakin besar juga kesuksesan yang Anda terima. 

Mau buka usaha sendiri tapi kekurangan modal? Ajukan pinjaman modal di BFI Finance saja!

Prosesnya mudah dan cepat, dapatkan pencairan dana hingga 85% dari nilai aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap. Informasi selengkapnya klik tautan berikut.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Informasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis