Bisnis

Solusi Bisnis Menghadapi Tantangan Di Masa Pandemi

Admin BFI
19 October 2021
9681
Solusi Bisnis Menghadapi Tantangan Di Masa Pandemi

Merintis bisnis sendiri tentunya merupakan impian semua orang. Namun, tentunya kita semua paham bahwa menjalani bisnis tidaklah mudah. Terutama di tengah pandemi ini, dimana tantangan bisnis semakin meningkat. 

Tantangan Bisnis di Masa Pandemi

Harus diakui, menjalani bisnis di masa pandemi memang tidak mudah. Mobilitas manusia yang semakin terbatas turut berpengaruh pada jumlah kunjungan ke toko-toko offline. Hal ini tentunya berpengaruh pada jumlah pemasukan dan keuntungan yang menurun. 

Selain terbatasnya mobilitas orang-orang, banyak pula masyarakat yang takut untuk berbelanja. Hal ini disebabkan karena kurangnya rasa percaya mereka apakah toko yang mereka tuju telah menetapkan protokol kesehatan yang baik. Akhirnya, mereka lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan dan mengurangi berbelanja dari luar. 

Tantangan lainnya adalah sebagian pengusaha harus menyesuaikan usahanya agar beralih ke dunia digital. Penyesuaian yang dilakukan cukup banyak, berikut juga biayanya. Baik itu di bidang teknologinya, maupun pada sistem manajemen usahanya. 

Lalu, apa solusinya agar bisnis mampu menghadapi tantangan di masa pandemi? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut!

 

solusi bisnis

Transparansi Usaha

Apabila kondisi perusahaan sedang sulit, jangan tutupi hal tersebut. Sebaiknya, komunikasikan dengan jelas pada karyawan dan pelanggan. Apabila dilakukan dengan benar, hal ini justru bisa menarik simpati baik dari karyawan maupun pelanggan. Dengan komunikasi yang baik dan benar, mereka akan memahami kondisi usaha dengan lebih baik dan bisa menekan dampak buruk yang mungkin terjadi. 

Sesuaikan Strategi Usaha Dengan Tren

Seperti yang telah disebutkan, salah satu tantangan bisnis di masa pandemi adalah proses peralihan ke dunia digital. Salah satu tren yang cukup besar sekarang adalah belanja online. Anda bisa mengubah strategi usaha dari offline menjadi pelayanan online. Gali lebih jauh mengenai tren baru yang akan berkembang. Mudahkanlah pelanggan untuk memesan secara online dengan menyediakan opsi delivery service. Selain itu, yakinkan pelanggan bahwa usaha Anda sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Anda bisa berbagi cerita mengenai upaya protokol kesehatan yang dilakukan bisnis Anda untuk menjamin rasa aman kepada pelanggan dan karyawan.

Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Untuk Bisnis 

Modal usaha juga merupakan salah satu tantangan terbesar di tengah pandemi ini. Mengalihkan usaha dari offline ke online juga membutuhkan biaya ekstra. Seperti gadget, membuat website, posting iklan berbayar, dan lain sebagainya. Serta biaya-biaya operasional lainnya yang mengharuskan Anda menyediakan dana ekstra. 

Kabar baiknya, Anda tidak perlu khawatir dimana bisa mendapatkan modal tambahan. Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan bisnis Anda di tengah pandemi. Salah satunya adalah melalui BFI Finance. Dapatkan pembiayaan hingga 3M dengan jaminan sertifikat rumah untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk pengembangan dan ekspansi bisnis Anda. 

Itulah solusi bisnis dalam menghadapi tantangan di masa pandemi. Yuk, kembangkan bisnis Anda dengan BFI Finance!

 

Kategori : Bisnis