Artikel

Pinjam Modal Usaha Untuk Berbisnis dengan Teman

2021-09-08 00:00:00 191

Memulai bisnis dengan teman merupakan suatu hal yang banyak dilakukan oleh sejumlah pengusaha. Tentunya, hal tersebut lebih menyenangkan ketimbang memulai bisnis bersama orang yang tidak dikenal. Memiliki seorang rekan bisnis, berarti memiliki partner untuk bertukar pikiran dan mengambil keputusan mengenai bisnis yang diambil. Modal yang ada pun bisa berasal dari pinjam modal usaha atau menggabungkan modal pribadi dari masing-masing pihak. 

Mendirikan bisnis dengan teman memang susah-susah gampang. Memulai bisnis dan bekerja sama dengan orang yang telah dikenal memang menyenangkan. Sayangnya, beberapa pengusaha yang menjalankan usaha dengan teman harus menutup usaha nya karena berselisih paham, dan malah berakhir dengan permusuhan. 

Lalu, bagaimana agar bisnis dengan teman bisa berlangsung langgeng? Serta bagaimana cara memanfaatkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan bisnis dengan teman? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

pinjaman modal usaha kecil

Pilih Teman Dengan Visi Misi yang Sama

Sebelum Anda memulai usaha, pastikan bahwa Anda telah mengenal teman yang akan Anda pilih untuk berbisnis. Pastikan rekan kerja Anda memiliki sifat yang loyal, bertanggung jawab, dan bisa dipercaya. Setelah itu, pastikan bahwa masing-masing dari Anda memiliki tujuan, visi misi dan karakter yang sama. Jika Anda dan rekan kerja Anda telah memiliki kecocokan karakter dan visi-misi, tentunya akan lebih mudah bagi Anda dan rekan Anda untuk menentukan langkah-langkah yang kedepannya akan diambil untuk mengembangkan usaha. 

Menentukan Tujuan, Peran dan Modal Usaha

Langkah selanjutnya adalah, tentukan tugas, peran dan tujuan usaha yang jelas untuk Anda dan rekan kerja Anda. Rundingkan target yang bisa Anda raih dan kerjakan bersama. Rundingkan juga untuk modal yang akan disumbangkan masing-masing pihak, serta pembagian keuntungan perbulannya. Disarankan agar Anda dan rekan Anda mencatat perjanjian kertas kontrak yang ditandatangani diatas materai. Dengan hal ini, pembagian tugas, modal dan keuntungan menjadi jelas, serta menghindari Anda dan rekan kerja Anda dari resiko konflik di kemudian hari. 

Disiplin dan Buang Ego Masing-Masing

Yang terpenting dalam bekerja dengan teman adalah bersikap profesional. Hal ini bisa Anda dan rekan kerja Anda tunjukkan dengan bersikap disiplin, transparan dan tidak saling egois agar kelangsungan bisnis tetap terjaga. Bersikaplah transparan mengenai laporan operasional, keuangan, pembagian keuntungan dan lain sebagainya. Utamakan kepentingan bersama dan jangan memaksakan kehendak Anda apabila tengah memutuskan sesuatu. Dan terakhir, tentu saja komunikasi sangat penting untuk menjaga kepercayaan satu sama lain. 

Semoga tips diatas dapat membantu Anda dalam menjaga bisnis dan hubungan persahabatan Anda dan rekan bisnis Anda. Jika Anda dan rekan bisnis Anda membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha, jangan ragu untuk pinjam modal usaha di BFI Finance untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Dengan BPKB mobil atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan usaha Anda. Yuk, wujudkan mimpi bisnis Anda dengan BFI Finance!

Sumber: