Artikel

Pembiayaan Modal Usaha Untuk Bisnis Masa Pensiun

2021-09-09 00:00:00 376

Bagi Anda yang telah berstatus karyawan, pasti akan ada saatnya Anda akan mundur dari pekerjaan Anda. Hal ini berkaitan dengan usia dan produktivitas yang semakin menurun seiring perkembangan waktu. Memanfaatkan pembiayaan modal usaha bisa dijadikan alternatif untuk memperoleh modal usaha. 

Ketika memasuki masa pensiun, sebagian orang memanfaatkan waktu tersebut untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Namun, ada juga sebagian yang lebih memilih untuk tetap produktif. Memilih untuk tetap produktif setelah pensiun merupakan hal yang cukup umum untuk dilakukan. Masalah finansial, perasaan untuk ingin terus produktif, atau merasa kesepian kerap menjadi dasar mengapa orang-orang yang telah memasuki masa pensiun berniat untuk kembali bekerja. 

Merintis bisnis setelah Anda pensiun memiliki banyak manfaat. Anda dapat menjaga diri Anda agar tetap produktif, tetap mendapat pemasukan, serta berperan dalam mengurangi angka pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja. 

Jika Anda merupakan salah satu dari mereka yang memilih untuk merintis usaha setelah memasuki masa pensiun, berikut tipsnya agar usaha di masa pensiun Anda bisa dirintis dengan lancar. 

 

pinjaman modal usaha

Jangan Mencairkan Dana Pensiun Anda Terlalu Awal

Walaupun dana pensiun Anda bisa menjadi tambahan modal usaha, namun disarankan agar Anda tidak mengambil dana pensiun Anda lebih awal. Jika Anda menarik dana pensiun lebih cepat dari batas waktu penarikan, Anda bisa dikenakan penalti dan pajak yang cukup besar. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda mempersiapkan masa pensiun Anda dengan matang.

Menjalani Pekerjaan yang Anda Senangi

Jika Anda hendak merintis usaha setelah masa pensiun, pastikan bahwa Anda menjalani jenis pekerjaan yang Anda senangi. Anda bisa juga mengasah skill yang Anda telah kuasai. Hal ini agar Anda tidak merasa stres atau tertekan dalam menjalani pekerjaan yang telah Anda pilih. 

Selain itu, disarankan juga agar Anda menjalin lebih banyak komunikasi dengan konsumen Anda. Selain dapat mengenal keinginan konsumen lebih dalam, Anda juga bisa mencegah rasa kesepian. 

Tetap Berinvestasi

Setelah memasuki masa pensiun, Anda tetap bisa menyisihkan sebagian pendapatan Anda dan berinvestasi. Dengan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan secara pasif. Pastikan bahwa Anda memilih jenis investasi yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. 

Bagi Anda yang tengah berencana merintis bisnis dan membutuhkan tambahan modal, Anda bisa mengajukan pembiayaan modal usaha yang terpercaya untuk menyiapkan bisnis masa pensiun Anda. Cukup dengan menjaminkan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, maka Anda bisa mendapatkan pinjaman dana untuk mengembangkan usaha Anda. 

Pastikan juga bahwa Anda memilih pihak penyedia pinjaman yang terdaftar OJK dan memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung kesejahteraan masa pensiun Anda. 

Sumber: