Pinjaman

Cara Cermat Manfaatkan Aplikasi Pinjaman Uang

Admin BFI
28 July 2021
2944
Cara Cermat Manfaatkan Aplikasi Pinjaman Uang

Mengajukan pinjaman dari layanan aplikasi pinjaman uang yang disediakan oleh perusahaan pembiayaan merupakan solusi yang umum dilakukan. Tujuannya bisa bermacam-macam. Mulai dari tambahan modal usaha, biaya pendidikan, biaya renovasi rumah, dan masih banyak lagi. 

Produk pinjaman yang tersedia pun bervariasi. Mulai dari pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan, jaminan sertifikat rumah, hingga yang tanpa jaminan atau KTA. 

Aplikasi pinjaman uang sendiri memberikan banyak keuntungan. Proses dan persyaratan pencairan cepat dan praktis. Bahkan, beberapa perusahaan pembiayaan menawarkan pencairan dana kurang dari satu hari. Sehingga, cara ini banyak dilakukan oleh mereka yang membutuhkan dana cepat cair dalam waktu singkat. 

Sayangnya, kemudahan ini terkadang tidak diimbangi oleh kebijaksanaan nasabahnya. Masih banyak orang-orang yang tidak bijak dalam memanfaatkan dana pinjaman. Akibatnya, bukannya membantu, mereka malah terjerumus dalam hutang dan keadaan finansial yang memburuk. Sehingga, mengajukan pinjaman seringkali dinilai negatif. 

Padahal, mengajukan aplikasi pinjaman uang boleh-boleh saja selama Anda tahu cara cermat memanfaatkan dana pinjaman tersebut. Perencana Keuangan Oneshildt Personal Financial Planning, Budi Rahardjo, mengatakan bahwa selama pinjaman yang Anda tuju telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, maka aplikasi pinjaman bisa Anda jadikan salah satu alternatif untuk kebutuhan finansial Anda. 

Apa saja yang harus diperhatikan? Yuk, simak ulasannya!

 

aplikasi pinjaman uang

Disiplin

Eko Endarto, Perencana Keuangan Finansia Consulting, berpesan bahwa Anda harus senantiasa disiplin dan tidak menggunakan dana pinjaman untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Gunakan dana pinjaman sesuai dengan rencana dan tujuan awal meminjam, dan jangan digunakan untuk hal-hal lain. 

Selain disiplin dalam penggunaan dana, Eko juga berpesan untuk disiplin dalam membayar pinjaman dengan menjadikan pembayaran angsuran pinjaman sebagai prioritas. Sebaiknya, jumlah cicilan tidak melebihi 30% dari penghasilan.

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda mempertimbangkan betul-betul apakah tujuan penggunaan dana pinjaman tersebut sifatnya produktif atau tidak. Lalu, pahami syarat-syarat dan biaya administrasinya, termasuk bunga, cara pembayaran angsuran, hingga denda. 

Manajemen Hutang

Selain mempelajari persyaratan, skema bunga, cara pembayaran angsuran, denda, serta sanksi, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan tenor pinjaman.

Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan jumlah pinjaman dan keadaan finansial Anda. Namun, disarankan agar Anda mengambil tenor pinjaman dalam tempo yang lama, misalnya 6 bulan. Sehingga, Anda bisa memperkecil potensi gagal bayar. 

Karena itulah,  penggunaan uang hasil pinjaman sebaiknya untuk hal yang sifatnya produktif dan menghasilkan. Sehingga, hasil dari pinjaman tersebut bisa mengkompensasi pembayaran cicilan dan bunga.

Dengan kata lain, pengajuan pinjaman harus diimbangi dengan kemampuan mencicil yang baik agar tidak menyulitkan keadaan finansial Anda di kemudian hari. 

Ajukan Aplikasi Pinjaman Uang Terpercaya!

Itulah cara cermat dalam memanfaatkan aplikasi pinjaman uang. Yuk, ajukan pinjaman aman dan terpercaya di BFI Finance!

BFI Finance telah beroperasi sejak tahun 1982 dan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dapatkan pinjaman aman dan terpercaya dengan bunga flat rate dan tenor panjang dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah. 

Ajukan aplikasi pinjaman uang terpercaya di BFI Finance!
 

Kategori : Pinjaman