Artikel

Butuh Dana Cepat? Pastikan Skor Kredit Anda Aman Sebelum Pinjam Dana

2020-03-19 00:00:00 1607

Butuh dana cepat? Sebelum mengajukan pinjaman, pahami dahulu apa itu skor kredit, serta tips untuk meningkatkannya

Apakah Anda pernah berada di dalam situasi di mana Anda butuh dana cepat? Salah satu alternatif yang bisa diambil dalam situasi tersebut adalah mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan yang terpercaya. Dalam mengajukan pinjaman, tentunya skor kredit memengaruhi keputusan apakah pengajuan pinjaman Anda akan disetujui atau tidak. Pasalnya, calon peminjam akan dikenakan BI Checking atau pengecekan riwayat kredit yang menentukan kelayakan calon debitur. 

Skor kredit yang buruk tentunya berisiko membuat pengajuan pinjaman Anda sulit untuk disetujui, bahkan ditolak. Tentunya, dalam keadaan butuh dana cepat, Anda tidak mau hal tersebut terjadi, bukan? 

Berikut ini cara melihat dan memperbaiki skor kredit Anda, agar pengajuan pinjaman Anda bisa disetujui tanpa halangan.

Apa Itu BI Checking?

BI Checking atau dikenal juga dengan Informasi Debitur Individual (IDI) merupakan sistem yang berisikan riwayat kredit nasabah yang informasinya dipertukarkan kepada sesama lembaga keuangan, baik bank maupun non-bank. Informasi yang ada termasuk identitas calon peminjam, pemilik dan pengurus, fasilitas dan fitur dana yang diterima, jaminan, penjamin, dan kolektibilitas. 

Informasi tersebut lalu tersimpan dan diolah dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Hasil olahan SID akan diberikan ketika ada yang mengajukan permohonan BI Checking. Dengan informasi tersebut, lembaga keuangan akan mengecek apakah Anda dianggap mampu dan layak dalam mengajukan pinjaman. 

Dalam proses BI Checking, calon peminjam akan dinilai melalui skor kredit dalam range 1 sampai 5. Jika Anda mendapat skor 3-4-5, maka pengajuan pinjaman Anda akan ditolak oleh lembaga keuangan karena hal itu berarti Anda mengalami kredit tidak lancar, kredit diragukan atau kredit macet, dan telah masuk kedalam black list BI Checking. Anda bisa mengakses website resmi Bank Indonesia dan mengisi formulir untuk mengecek skor kredit Anda. 

Tips Memperbaiki Skor Kredit Anda

Apabila Anda telah masuk ke dalam black list BI Checking, jangan khawatir. Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki skor kredit Anda. Berikut ini tipsnya:

  • Membayar Cicilan Sebelum Jatuh Tempo

Tidak tepat waktu dalam membayar tagihan pinjaman merupakan faktor yang paling memengaruhi skor kredit Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi di kemudian hari, segera lunasi pinjaman Anda sebelum mengajukan pinjaman lain. Selain itu, usahakan untuk membayar pinjaman Anda sebelum jatuh tempo ke depannya. Dengan membayar cicilan kredit Anda tepat waktu, secara tidak langsung Anda mencerminkan sifat bertanggung jawab dalam menangani hutang Anda secara efektif. 

  • Menjaga Rasio Hutang

Idealnya, rasio hutang yang aman adalah maksimal 30% dari penghasilan bulanan Anda. Usahakan untuk menjaga rasio hutang Anda tetap dalam zona yang ideal, termasuk bijak dalam menggunakan kartu kredit. Hal ini menunjukkan bahwa Anda mampu membayar hutang yang Anda miliki tanpa berisiko mengalami kredit macet sehingga skor kredit yang Anda miliki pun tinggi.

  • Menyimpan Bukti Transaksi

Jika Anda memiliki bukti kredit yang sudah lunas dan telah dibayar tepat waktu, pastikan untuk menyimpan bukti-bukti transaksi tersebut. Dengan menunjukkan dan menyimpan transaksi kredit yang bagus, tentunya hal ini bisa meningkatkan skor kredit Anda. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari kesalahan yang mungkin dilakukan oleh lembaga keuangan mengenai tagihan kredit yang terlihat tidak wajar. 

  • Mempertahankan Kebiasaan Kredit Anda

Skor kredit tidak bisa diperbaiki secara instan. Tentunya, dibutuhkan kebiasaan yang baik dalam mempertahankan skor kredit tersebut. Selalu bayar tagihan Anda tepat waktu, mengajukan kredit sesuai dengan kemampuan membayar Anda, serta bijak dalam menggunakan kartu kredit. Selain itu, Anda juga harus memantau skor kredit Anda setiap beberapa bulan sekali, untuk mengetahui tindakan lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan skor kredit Anda.

Mengajukan pinjaman ketika Anda butuh dana cepat sah-sah saja, asalkan Anda mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar Anda. Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam memperbaiki skor kredit Anda, ya.
 

Sumber: