Bisnis

Bisnis Dengan Modal Usaha Sampingan Minim Saat Pandemi

Admin BFI
6 July 2021
7517
Bisnis Dengan Modal Usaha Sampingan Minim Saat Pandemi

Adanya PPKM Darurat yang diberlakukan tanggal 3-20 Juli 2021 turut berimbas pada perekonomian semua orang. Di tengah situasi seperti ini, adanya peluang untuk menjalankan usaha harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Bahkan, ada banyak usaha yang tidak memerlukan modal usaha sampingan besar. 

Dalam keadaan pandemi pun, buka berarti peluang menjalankan usaha sampingan tidak ada sama sekali. Masih banyak peluang usaha baru yang bisa Anda coba jalani dan berpotensi menghasilkan keuntungan di tengah kondisi krisis. Merintis bisnis yang memiliki prospek usaha yang baik bisa menjadi solusi bagi Anda yang secara finansial telah terimbas karena pandemi. 

Banyak usaha modal kecil yang bisa Anda jalankan dari rumah. Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan untuk memulai usaha dengan modal usaha sampingan kecil saat PPKM darurat? 

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut!

modal usaha laundry

1. Cari Ide Usaha Potensial

Di tengah situasi seperti ini, penting bagi Anda untuk menentukan jenis usaha yang potensial. Dikutip dari Avrist, ada 5 sektor usaha yang sekarang masih dapat mendatangkan keuntungan bagi Anda. Yaitu kesehatan, kuliner, pakaian rumahan, alat olahraga, dan jasa guru privat. 

Selain menguntungkan, jenis usaha tersebut juga bisa dijalankan dengan modal yang minim. Jenis bisnis tersebut termasuk menguntungkan karena banyak dicari orang-orang di masa pandemi ini. Misalnya, jenis bisnis kesehatan, Anda bisa menjual peralatan pendukung kesehatan seperti masker, face shield, jaket antivirus, hingga suplemen vitamin. 

Baca juga: 23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

2. Optimalkan Promosi Online

Yang kedua, manfaatkan kehadiran media sosial dan kanal e-commerce semaksimal mungkin untuk menunjang usaha Anda. Tentunya, sudah menjadi rahasia umum bahwa media online merupakan cara promosi paling efektif yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa menjangkau banyak pembeli, dan bisa menghemat modal untuk promosi. Selain itu, jumlah pembeli online juga sudah pasti meningkat disaat pandemi seperti ini. Semua kegiatan dilakukan secara online, termasuk berbelanja dan transaksi. 

Baca juga: 12 Ide Bisnis Online Untuk Pemula Paling Menguntungkan Tahun 2023!

3. Ekspansi Secara Perlahan

Yang terpenting, selalu perhitungkan langkah dan strategi usaha yang akan Anda ambil di tengah pandemi ini. Jangan tergesa-gesa dan lakukan ekspansi secara perlahan. Lebih baik terapkan prinsip efisiensi. Perhitungkan segala langkah dengan cermat dengan mengoptimalkan modal yang ada hingga perekonomian sudah mulai stabil. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan usaha di tengah pandemi. Anda bisa memanfaatkan pinjaman dari BFI Finance untuk modal usaha sampingan Anda. Cukup dengan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan usaha Anda. 

Baca juga: 11 Ide Usaha Setelah Pensiun dan Tips Agar Tetap Produktif

Selamat berbisnis dan semoga sukses!

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis