Sekilas BFI

BFI Finance Gelar Pelatihan Virtual “Guru Kreatif 4.0”

2021-02-16 00:00:00 838

TANGERANG SELATAN, 16 FEBRUARI 2021 – PT BFI Finance Indonesia berinisiatif menggelar pelatihan virtual bagi para tenaga pendidik di Indonesia dengan tajuk “Guru Kreatif 4.0”. Pelatihan virtual tersebut digelar sejak 11 Februari 2021 dengan tujuan memberikan pembekalan bagi para guru untuk mengemas materi pengajaran dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang ada karena adanya pandemi. 

Pelatihan ini diikuti oleh puluhan guru jenjang SMP dan SMA dari enam kota, yakni  Palembang, Jambi, Kediri, Denpasar, Bitung dan Palu. BFI Finance mengundang Taufik Ikhsan Slamet, S.Pd., M.Pd, Dosen dan Peneliti Universitas Negeri Malang, sebagai salah satu pemateri. Pihak internal BFI Finance, 

Puluhan guru hadir secara daring yang keseharian mereka adalah guru jenjang SMP dan SMA. Program virtual ini juga mengundang Taufik Ikhsan Slamet, S.Pd., M.Pd, Dosen dan Peneliti Universitas Negeri Malang, sebagai salah satu pemateri. Pelaksanaannya melibatkan pihak internal BFI Finance, yaitu Tim Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Tim Human Capital (HC) dan Tim Digital Business & Development. 

bfi finance indonesia

Peserta berlatih membuat animasi sederhana

Tujuan BFI Finance Menggelar Pelatihan Virtual

Head of Corporate Communication & CSR BFI Finance, Francisca Susilawati, menuturkan bahwa pelatihan ini diadakan untuk mendukung para tenaga pengajar dalam beradaptasi dan mendukung kesuksesan PJJ di masa pandemi. 

Menurut Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Oktober 2020, 96.6% siswa mengikuti kegiatan pembelajaran dari rumah. Namun, pembelajaran interaktif hanya berhasil dilakukan sebanyak 38.8%. Selain itu, keterbatasan dalam beradaptasi dengan teknologi dan biaya internet juga menjadi penghalang dalam berjalannya kegiatan PJJ yang optimal. 

 

produk bfi

Untuk itulah, BFI Finance menyelenggarakan pelatihan virtual ini. Serta menyalurkan bantuan bagi para guru-guru dalam bentuk dua bulan paket kuota, fasilitas kamera, mikrofon, dan voice recorder. Selama sebulan, para guru mendapatkan materi pelatihan mengenai metode problem-based learning untuk PJJ, teknis penggunaan aplikasi software sederhana untuk mengajar, cara merekam dan menyunting video, serta pemanfaatan media sosial yang tepat. Mereka juga dibekali pendampingan untuk menggagas materi ajar dan penugasan proyek yang akan dipresentasikan. 

Sebagai bentuk perwujudan visi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, BFI Finance telah memberikan ragam akses dan solusi pembiayaan lebih dari tiga dekade, serta program lain yang selaras dengan kepentingan ekonomi, sosial pendidikan, dan lingkungan hidup.

Tetap semangat, GREAT People!

Sumber: