Artikel

Amankah Menggunakan Banyak Aplikasi Pinjaman?

2021-10-05 00:00:00 203

Saat ini, pengajuan pinjaman dana pada perusahaan pembiayaan tengah marak dan diminati masyarakat. Dengan syarat pengajuan yang relatif mudah, serta dana yang lebih cepat cair daripada pinjam di bank, membuat aplikasi pinjaman banyak diminati oleh masyarakat. Beberapa perusahaan pembiayaan bahkan menawarkan layanan pinjaman secara online. 

Dalam meminjam uang pada perusahaan pembiayaan, biasanya ada limit atau batas peminjaman tertentu. Jumlah limitnya berbeda-beda. Terkadang, hal ini diatasi dengan melakukan pengajuan pinjaman pada lebih dari satu layanan pinjaman. 

Apakah Hal ini Aman?

Melakukan hal seperti ini sebenarnya beresiko. Namun, sah-sah saja dilakukan apabila Anda memahami betul masing-masing peraturan pinjaman, serta kondisi finansial Anda.

Salah satu kondisi yang harus Anda miliki dalam meminjam dana adalah kondisi finansial yang aman. Setidaknya, peminjaman yang Anda ajukan tidak lebih dari 30% dari pemasukan Anda setiap bulannya. Pastikan bahwa penghasilan Anda setiap bulannya masih mampu untuk membayar cicilannya.

Pastikan juga dana yang Anda ajukan bukan untuk kepentingan konsumtif sehingga kondisi keuangan Anda tetap terjaga. 

Tips Aman Ajukan Aplikasi Pinjaman

Ketika meminjam pada banyak aplikasi pinjaman uang, pastikan bahwa semuanya terdaftar dalam OJK. Karena platform yang terdaftar dalam aplikasi tentu lebih aman dalam bertransaksi.

Untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan, beberapa point dibawah ini akan sangat membantu Anda dalam mengelola pinjaman.

Mematuhi Syarat dan Ketentuan

Dalam melakukan peminjaman dana, tentu Anda harus mengikuti peraturan yang berlaku. Jika Anda telat membayar, tentu akan mendapatkan sanksi atau denda. Pahamilah syarat dan ketentuan yang berlaku seperti dokumen yang dibutuhkan, hingga jumlah denda yang harus dibayar jika Anda telat membayar. 

Pilih Bunga yang Rendah

Karena meminjam pada banyak aplikasi, tentu sebisa mungkin Anda harus memilih pinjaman yang menawarkan bunga lebih rendah. Dengan demikian,  beban bunga yang Anda tanggung tidak begitu besar pada saat melakukan pembayaran pada setiap perusahaan pinjaman. 

Mencatat Jumlah Pinjaman

Agar pembayaran dana bisa dilakukan dengan tepat waktu, tentu Anda harus mencatat jumlah dana yang Anda pinjam dari setiap aplikasi. Ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengalokasikan pembayaran cicilan.

Tidak ada salahnya untuk melakukan pinjaman pada beberapa aplikasi, asalkan memang sesuai dengan kebutuhan dan Anda juga masih bisa membayar pinjaman tersebut. Namun , pastikan bahwa Anda mengajukan aplikasi pinjaman yang aman dan terpercaya seperti BFI Finance yang telah terverifikasi oleh OJK.

Sumber: