Artikel

9 Inspirasi Desain Interior Apik untuk Renovasi Rumah

2022-03-03 00:00:00 1240
9 Inspirasi Desain Interior Apik untuk Renovasi Rumah

Apakah Anda sedang dalam tahap merencanakan untuk merenovasi rumah atau membangun rumah baru? Sudahkah ada menemukan inspirasi desain interior yang cocok dengan karakter Anda? Kali ini tim BFI Finance akan memberikan sembilan rekomendasi desain interior rumah yang dapat Anda aplikasikan. Semoga dengan penataan desain interior baru rumah Anda, Anda dapat selalu semangat menjalani aktivitas sehari-hari ya! Yuk kita simak kesembilan inpirasi desain interior berikut ini!

 

9 Inspirasi Desain Interior Apik ala BFI Finance

1. Penggunaan Cahaya Alami dan Tanaman Sebagai Penghias pada Ruang Makan

Ruang makan merupakan tempat yang tidak digunakan hanya untuk menyantap makanan saja, namun juga dapat digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga untuk saling bercerita. Sebagai pelengkap dalam momen keluarga tersebut, memilih desain interior ruang makan yang nyaman tentunya akan menambah suasana hangat. Tidak perlu membutuhkan biaya yang besar untuk mendesainnya. Selain memilih perabot dan penataan ruangan yang tepat, tidak ada salahnya untuk mencoba desain dengan pencahayaan alami dan sentuhan hijau dari tanaman.

Dengan pencahayaan alami dari sinar matahari, akan membuat penggunaan listrik menjadi hemat pada siang hari. Untuk menambah kesan cantik, Anda dapat menambahkan lampu gantung minimalis modern ataupun vintage. Untuk menambah kesan sejuk, Anda bisa menambahkan beberapa jenis tanaman hias di area ruang makan. Seperti tanaman sukulen, spider plant, sirih gading, Philodendron, tanaman kopi, dan lain-lain.

Desain interior ruang makan

Source: Home Designing

2. Nuansa Kamar Mandi Anti Pengap

Pemilihan desain interior kamar mandi juga ada baiknya tidak dikesampingkan ya, Sobat BFI. Ruangan kamar mandi rumah minimalis umumnya tidak terlalu luas. Maka dari itu, ada beberapa tips yang dapat Anda praktikkan agar kamar mandi terasa lebih lega dan anti pengap! Cobalah pilih cat atau keramik bernuansa soft dan netral, seperti warna beige. Atau, Anda dapat mengkombinasikan dua warna seperti hitam dan putih. Aplikasikan pewarnaan hitam pada dinding dan warna putih pada lantai. Gunakanlah corak pada kombinasi dua warna tersebut agar tidak terlalu monoton. Selain itu, cobalah untuk menambahkan cermin untuk memberikan kesan luas pada kamar mandi.

Desain interior kamar mandi

Source: Home Designing

3. Ruang Keluarga Bernuansa Pastel

Nah ini dia, mendesain ruang keluarga mungkin menjadi yang paling favorit bagi Sobat BFI sekalian! Ruang keluarga dapat dibilang menjadi ruang utama dan multifungsi ya. Karena, ruang keluarga dapat digunakan sebagai tempat berkumpul, makan, dan bahkan tidur. Maka dari itu, pertimbangkanlah memilih desain interior yang semenarik mungkin.

Kali ini, Anda dapat memilih penggunaan cat dan perabotan rumah tangga bernuansa pastel untuk area ruang keluarga. Dulunya, warna pastel banyak digunakan untuk ruang tidur saja. Namun, saat ini penggunaan nuansa pastel sudah banyak diaplikasikan pada ruang keluarga. Warna pastel memiliki karakter yang lembut, ceria, dan muda. Warna pastel ini tidak selalu memberikan kesan feminim ya Sobat BFI. Anda dapat mengkombinasikan beberapa warna pastel lainnya agar kesan feminim dan maskulin dapat seimbang.

Sebagai inpirasi, pilihlah kombinasi antara warna peach dan putih pada dinding dan perabotan ruang keluarga Anda. Desain interior warna peach dan putih akan memberikan kesan hangat sekaligus ceria. Mengkombinasikan warna peach dan hijau pastel juga cocok untuk diaplikasikan. Kedua warna tersebut akan memberikan kesan ceria dan cerah.

Desain interior ruang keluarga

Source: Home Designing

4. Walk In Closet Sederhana nan Apik

Walk in closet adalah ruangan atau tempat penyimpanan khusus untuk pakaian dan aksesoris. Umumnya, walk in closet terpisah dari ruangan manapun agar terasa lebih private. Namun, ada juga penggunaan walk in closet yang menyatu dengan kamar. Dengan adanya walk in closet pada rumah Anda, pastinya akan lebih leluasa dalam memilah dan memilih pakaian yang akan digunakan.

Anda dapat mencoba desain interior walk in closet bertema industrial. Tema industrial identik dengan sentuhan kayu dan terbuka. Anda dapat mengkombinasikan lemari kayu terbuka dan lantai berwarna gelap coklat. Atau, jika Anda memiliki lahan terbatas, Anda dapat memaksimalkan ruangan berisi lemari dekat dengan tempat tidur. Dengan cara tersebut, akan membuat kamar tidur lebih rapi dan tidak terlihat sumpek.

Desain interior walk in closet

Source: Home Designing

5. Dapur Rapi (Dinding Keramik)

Agar dalam memasak atau menyiapkan makanan lebih bersemangat, desain interior pada dapur tentu harus diperhatikan ya. Anda dapat memilih dapur yang menjadi satu dengan ruang makan, sehingga terlihat lebih luas. Inpirasi lainnya yaitu gunakanlah material keramik backsplash pada area dinding yang memberikan corak timbul yang cantik. Dapat juga, Anda gunakan keramik motif chevron yang juga memberikan kesan bersih dan minimalis. Menambahkan meja dan kursi berkonsep bar juga dapat Anda coba, lho. Desain dapur tersebut dapat memberikan kesan modern dan minimalis.

Desain Dapur Backsplash

Source: Home Designing

6. Penggunaan Cermin untuk Menambah Kesan Luas dan Mewah

Penggunaan cermin dalam elemen desain interior memiliki banyak manfaat dan mampu memengaruhi psikologis penghuni rumah, lho. Menurut ilmu feng shui, cermin dapat memberikan suasana positif dan dapat membawa keberuntungan bahkan kekayaan bagi pemilik rumah. Selain itu, penggunaan cermin dapat memberikan kesan luas dan lapang dalam sebuah ruangan. Pantulannya juga mampu membuat cahaya menyebar ke seluruh sudut ruang. Anda dapat memberikan dekorasi cermin tambahan pada ruang tamu, kamar mandi, maupun ruang makan.

Penggunaan cermin pada ruang keluarga

Source: Home Designing

7. Kamar Tidur Bertemakan Skandinavia

Ruangan yang satu ini tentunya menjadi favorit bagi Sobat BFI semua ya. Kamar tidur merupakan tempat melepaskan lelah setelah beraktivitas seharian, sehingga penataan desain interior yang apik agar dapat lebih dipertimbangkan untuk memengaruhi mood yang baik. Inpirasi dari tim BFI Finance kali ini adalah dengan memilih desain interior bertemakan skandinavian. Desain skandinavian sudah lama menjadi tren dan cocok diaplikasikan untuk ruangan yang minimalis. Konsep skandinavian ini mengusung nuansa kesederhanaan namun tetap memberikan kesan mewah dan elegan. Anda dapat memilih warna dinding putih yang dapat memberikan kesan lapang pada kamar tidur. Atau, pilihlah nuansa monokrom untuk kamar tidur pria agar memberikan kesan maskulin.

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan furniture berbahan dasar kayu untuk dipan, meja, kursi, hingga lemari. Anda juga dapat menambahkan hiasan dinding sederhana seperti lukisan ataupun wallpaper.

Desain interior kamar tidur

Source: Home Designing

8. Maksimalkan Ruangan Bawah Tangga

Jika rumah Anda terdiri dari dua lantai, Anda dapat memanfaatkan ruang kosong dibawah tangga sebagai tempat penyimpanan. Ruangan bawah tangga dapat Anda gunakan sebagai:

  • Tempat penyimpanan sepatu
  • Rak buku
  • Ruangan belajar atau kerja sederhana
  • Toilet mini
  • Laundry room
  • Tempat beribadah dan penyimpanan peralatan ibadah
  • Lemari serbaguna

Penggunaan ruangan bawah tangga

Source: Home Designing

9. Pembuatan Taman dalam Rumah

Inspirasi desain interior yang terakhir adalah dengan membuat taman dalam rumah atau indoor garden. Penambahan taman dalam rumah diaplikasikan untuk menambah kesan indah dan hijau. Anda pun dapat memilih tanaman asli ataupun tanaman artificial tergantung dari minat Anda. Beberapa tanaman asli yang dapat tumbuh dengan baik didalam ruangan adalah:

  • Lidah mertua
  • Sirih gading
  • Peace Lily
  • Aloe vera
  • Bromeliad
  • Lili Paris
  • Monstera
  • Dragon Tree
  • Soleiroli
  • Palem Bambu atau Kuning
  • Bunga Krisan dan Lavender

Selain itu, Anda dapat menggunakan rumput sintetis dan ornamen batu kerikil sebagai penghias taman dalam rumah. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membuat kolam ikan mini di area taman dalam rumah.

Taman dalam rumah

Source: Home Designing

 

Nah, itulah kesembilan inspirasi desain interior yang dapat Anda pilih saat merenovasi rumah ataupun membangun rumah baru. Menarik bukan? Tipsnya adalah jangan terburu-buru dalam menentukan desain interior rumah. Gunakan berbagai referensi dari berbagai sumber seperti dari rekan Anda, platform Pinterest, Youtube, ataupun dengan menyewa jasa desain interior. Karena dalam pemilihan desain interior membutuhkan waktu yang tidak lama, maka dari itu Anda harus secermat mungkin dalam menentukannya. Berbicara mengenai dana untuk merenovasi rumah, Anda dapat mendapatkan dan mengajukannya pada BFI Finance lho, melalui pinjaman renovasi rumah! Hanya dengan jaminan BPKB Mobil, Motor, ataupun Sertifikat Rumah, lalu Anda berkesempatan mendapatkan pinjaman dengan berbagai plafond dan bunga yang rendah. Kunjungi tautan berikut ini untuk mengajukan pinjaman renovasi rumah Anda segera. Jika masih terdapat pertanyaan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim BFI Finance dengan mengakses live chat yang terletak pada kolom bawah website, menghubungi line telepon Customer Care kami di 1500018, atau dengan berkunjung ke cabang BFI Finance terdekat dari rumah Anda. Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

BFI Finance, Solusi Segala Kebutuhan Finansial Anda!

 

Sumber: