Pinjaman

7 Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah dan Aman

Admin BFI
18 April 2024
1115
7 Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah dan Aman

Melonjaknya model mobil baru dan kebutuhan transportasi pribadi membuat mobil bekas menjadi pilihan menarik bagi masyarakat. Namun, tingginya harga mobil membuat masyarakat kesulitan untuk membelinya. Tidak perlu khawatir, karena kredit mobil bekas dapat menjadi alternatif untuk mengajukan mobil dengan cara mencicil. Dengan begitu, Anda tidak perlu langsung mengeluarkan uang yang banyak untuk membelinya.

 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kredit mobil bekas, Anda harus mengetahui cara kredit mobil bekas agar barang yang Anda dapatkan sesuai dengan ekspektasi Anda. Simak artikel berikut sampai akhir untuk mengetahui cara kredit mobil bekas yang mudah, aman, dan terpercaya.

 

 

1. 7 Cara Kredit Mobil Bekas

1.1 Tentukan Mobil yang Akan Dikredit dan Lakukan Simulasi Cicilan

Ini adalah cara kredit mobil bekas awal yang sangat penting. Anda harus memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Melakukan simulasi cicilan akan membantu Anda memahami berapa banyak cicilan bulanan yang perlu Anda bayar dan apakah itu sesuai dengan anggaran Anda. Memilih mobil yang masih memiliki performa baik juga penting untuk memastikan bahwa mobil tersebut dapat digunakan dengan nyaman dalam jangka waktu tertentu.

 

1.2 Pilih Dealer Terbaik

Cara kredit mobil bekas yang selanjutnya adalah memilih dealer yang terpercaya dan memiliki reputasi baik akan membantu Anda mendapatkan layanan yang lebih baik, termasuk informasi yang jelas tentang mobil bekas yang dijual dan proses kredit yang transparan. Ini menjadi syarat kredit mobil bekas yang penting agar Anda mendapatkan mobil yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan budget Anda.

 

1.3 Pilih Leasing Terpercaya

Cara kredit mobil bekas yang ketiga adalah dengan memilih leasing yang terpercaya dan memiliki reputasi baik juga penting. Leasing yang baik akan memberikan layanan yang adil dan proses kredit yang mudah dimengerti. Untuk mendapatkan leasing yang terpercaya, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Jangan lupa bertanya rekomendasi tempat leasing kepada kerabat dan teman Anda yang pernah melakukan kredit mobil bekas.

 

Baca Juga: 6 Alasan Pinjaman Ditolak dan Cara Mengatasinya

 

1.4 Siapkan Dokumen dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Cara kredit mobil bekas yang keempat adalah dengan mempersiapkan dokumen dan persyaratan yang diperlukan dengan teliti dan pastikan semua data yang disampaikan akurat dan tidak dimanipulasi. Ini termasuk dokumen identitas pribadi, bukti pendapatan, dan informasi keuangan lainnya.

 

1.5 Pihak Leasing akan Mereview Kelayakan Pengajuan Kredit Anda

Setelah Anda mengajukan kredit, pihak leasing akan meninjau kelayakan Anda sebagai peminjam. Ini menjadi cara kredit mobil bekas yang selanjutnya. Mereka (pihak leasing) akan mengevaluasi informasi yang Anda berikan dan melakukan penilaian risiko untuk menentukan apakah Anda layak mendapatkan kredit.

 

1.6 Tentukan Asuransi Mobil untuk Perlindungan

Sebagai langkah perlindungan tambahan, cara kredit mobil bekas selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah memilih asuransi mobil yang sesuai untuk melindungi investasi Anda. Asuransi mobil akan membantu melindungi Anda dari kerugian finansial yang mungkin terjadi karena kecelakaan atau kerusakan mobil.

 

1.7 Pembayaran Angsuran Sesuai Tenor dan Bunga

Setelah kredit disetujui, penting untuk membayar cicilan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan tepat waktu. Tentu saja membayar cicilan menjadi cara kredit mobil bekas yang sangat penting. Pembayaran angsuran sesuai tenor dan bunga akan membantu membangun kredit Anda dan menghindari denda atau biaya tambahan yang mungkin timbul akibat pembayaran terlambat.

 

2. Syarat Kredit Mobil Bekas

cara kredit mobil bekas

Image Source: Freepik

 

Setelah mengetahui cara kredit mobil bekas, Anda perlu mengetahui tentang syarat kredit mobil bekas. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan diri:

 

2.1 Persyaratan Kendaraan

Pertama-tama, dalam persyaratan kendaraan, jenis kendaraan yang dapat diajukan kreditnya mencakup sedan, jeep, minibus, serta kendaraan niaga seperti pick-up, double cabin truk, dan angkot. Tak terbatas pada merk kendaraan, namun maksimal usia kredit mobil bekas adalah 17 tahun untuk sedan, jeep, dan minibus dan 10 tahun untuk kendaraan niaga. STNK atau pajak kendaraan harus dalam keadaan hidup atau mati maksimal 4 tahun, dengan STNK 5 tahunan yang masih berlaku.

 

2.2 Persyaratan Debitur

Peminjam harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki usia antara 21 hingga 60 tahun. Status tempat tinggal bisa beragam, mulai dari rumah sendiri, tempat tinggal pasangan, keluarga, hingga kontrak tahunan atau rumah dinas. Namun, jenis usaha atau profesi tidak boleh melanggar hukum, sementara tidak ada batasan khusus terkait jenis usaha atau pekerjaan yang dapat mengajukan kredit.

 

2.3 Kelengkapan Dokumen

Beberapa hal yang harus disiapkan antara lain KTP pemohon dan pasangan jika sudah menikah, Kartu Keluarga atau Akta Nikah juga jika sudah menikah, serta bukti pembayaran PBB 2 tahun terakhir atau rekening listrik 6 bulan terakhir. Dokumen lainnya mencakup NPWP pemohon, surat keterangan menempati rumah jika status rumah dinas, slip asli gaji 3 bulan terakhir, dan ID Card untuk karyawan. Selain itu, bagi yang memiliki usaha, diperlukan SIUP, TDP, akta perusahaan, izin usaha, atau izin praktik sebagai tambahan persyaratan dokumen yang harus disertakan dalam pengajuan kredit.

 

3. Ajukan Kredit Mobil Bekas di BFI Finance

Sobat BFI, berikut merupakan cara beli mobil bekas yang dapat Anda terapkan jika ingin membeli mobil bekas. Salah satu perusahaan pembiayaan yang dapat menaungi kredit mobil bekas adalah BFI Finance. Ajukan pembiayaan di BFI Finance, dengan proses yang cepat dan mudah. Lebih dekat dengan mobil impian Anda bersama BFI Finance, karena BFI Finance menjadi solusi nyaman punya mobil idaman.

 

BFI Finance sendiri merupakan perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB motor, BPKB mobil, dan sertifikat rumah atau ruko untuk keperluan Anda

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Pinjaman