Pinjaman

5 Manfaat Pinjaman Modal Usaha dan Cara Mudah Mendapat Modal

Admin BFI
7 October 2022
6741
5 Manfaat Pinjaman Modal Usaha dan Cara Mudah Mendapat Modal

Mengajukan pinjaman modal usaha adalah hal umum yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Terutama bagi mereka yang hendak merintis usaha ataupun berencana mengembangkan bisnis yang sudah lama berjalan.

Jika dimanfaatkan dengan baik dan bijak, modal usaha yang diperoleh dapat memberikan segudang manfaat untuk keberlangsungan usaha Anda.

Lalu, apa saja manfaat pinjaman modal usaha dan bagaimana cara mudah mendapatkan modal tersebut? Simak selengkapnya di artikel yang satu ini.

 

Jenis Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman modal usaha terbagi ke dalam beberapa jenis. Diantaranya yaitu kredit multiguna, kredit usaha rakyat (KUR), pinjaman modal usaha kecil dari koperasi, pinjaman modal usaha kecil dari KTA, pinjaman online, kredit modal kerja, dan pinjaman modal ventura. Adapun penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Kredit Multiguna

Kredit multiguna adalah jenis pinjaman yang mewajibkan debitur (peminjam) memberikan jaminan berupa aset kepada kreditur (pihak yang memberi pinjaman).

Aset yang dijaminkan nantinya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di bank atau perusahaan pembiayaan. Misalnya jaminan BPKB Mobil, jaminan BPKB Motor, maupun jaminan sertifikat rumah.

Manfaat pinjaman dari kredit multiguna yaitu besaran pinjaman yang Anda peroleh bergantung dari besaran nilai barang atau aset yang dijaminkan. Semakin tinggi taksiran nilainya, maka semakin besar juga kesempatan Anda untuk memperoleh modal usaha dalam jumlah besar.

2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit usaha rakyat atau yang disingkat menjadi KUR adalah jenis pinjaman yang diberikan oleh pemerintah, baik itu untuk para wirausahawan maupun calon wirausahawan yang membutuhkan modal.

Manfaat pinjaman yang satu ini dapat dengan mudah dirasakan bagi perusahaan yang bergerak di sektor industri, pertanian, perikanan, kelautan, perhutanan, maupun sektor keuangan berupa jasa simpan pinjam.

Untuk mendapatkan kredit usaha rakyat, Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank yang sudah menyelenggarakan program ini.

3. Pinjaman Modal Usaha Kecil dari Koperasi

Pinjaman modal usaha bisa juga Anda peroleh dari koperasi. Meminjam dari koperasi dapat memberikan Anda manfaat pinjaman berupa kemudahan dalam mengajukan pinjaman tanpa syarat yang rumit.

Namun, untuk memperoleh kemudahan tersebut Anda diwajibkan untuk menjadi anggota koperasi terlebih dahulu.

4. Pinjaman Modal Usaha Kecil dari KTA

KTA atau singkatan dari kredit tanpa agunan adalah salah satu jenis pinjaman yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha.

Sebagai peminjam, manfaat pinjaman yang Anda dapatkan dari KTA ini yaitu Anda tidak perlu menjaminkan aset berupa kendaraan, sertifikat rumah, ataupun surat-surat berharga lainnya.

Di samping itu, KTA juga menawarkan bunga yang cukup rendah dengan tenor hingga 60 bulan atau 5 tahun, bergantung pada kebijakan bank dan perusahaan pembiayaan yang Anda pilih.

Manfaat Pinjaman

Image Source: Pexels/Q. Hưng Phạm

5. Pinjaman Online

Pinjaman online atau yang lebih akrab disapa pinjol adalah jenis pinjaman yang cukup marak digunakan saat ini.

Pinjaman jenis ini beroperasi secara online, sehingga untuk mengajukan pinjaman bisa Anda lakukan dari mana saja selama ada koneksi internet yang memadai.

Pinjol menawarkan sederet manfaat pinjaman khususnya bagi Anda yang membutuhkan modal usaha. Antara lain yaitu persyaratan yang mudah serta tenor yang cukup fleksibel.

Meskipun terbilang cukup mudah bahkan instan, pastikan untuk melakukan transaksi pinjaman online di perusahaan yang sudah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Waspadai segala bentuk pinjol yang menawarkan pinjaman melalui SMS, WhatsApp, ataupun lewat telepon.

 

Baca Juga: Apa Itu Pinjol: Definisi, Jenis, Cara Membedakan Pinjol Legal dan Ilegal

 

6. Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja adalah salah satu program besutan bank yang diperuntukan untuk pinjaman modal usaha kecil.

Syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi agar dapat merasakan manfaat pinjaman jenis ini antara lain yaitu memiliki izin usaha, usaha yang ada telah berjalan kurang lebih satu tahun, sampai dengan melampirkan kelengkapan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), buku tabungan, keterangan penghasilan, bukti adanya tanggungan atau cicilan jika ada.

7. Pinjaman Modal Ventura

Jenis pinjaman yang terakhir yaitu pinjaman modal ventura. Pada pinjaman jenis ini, modal yang diperoleh didapat langsung dari perusahaan ventura (venture capitalist) dengan syarat dilakukan perjanjian kerjasama selama periode waktu tertentu.

Singkatnya, pemberi pinjaman memiliki sebagian hak perusahaan atau lembaga usaha yang telah diberikan modal, serupa dengan pemegang saham.

Jenis pinjaman jenis ini tergolong investasi dengan tingkat resiko tinggi bagi pihak yang meminjamkan. Oleh karenanya, pihak ventura selaku pemberi pinjaman akan dengan matang mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari sebuah rencana bisnis sebelum benar-benar menanamkan modal pada sebuah usaha.

5 Manfaat Pinjaman Modal Usaha

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis pinjaman untuk modal usaha, berikutnya mari kita cermati manfaat pinjaman apa saja yang bisa kita dapatkan, terutama jika Anda mengajukan pinjaman pada perusahaan pembiayaan.

1. Proses Pengajuan Mudah dan Cepat

Pinjaman modal usaha, khususnya di perusahaan pembiayaan diproses dengan mudah dan cepat. Syarat dan ketentuan yang ada tidak berbelit-belit. Anda bisa menyesuaikan pinjaman yang dipilih sesuai dengan kemampuan Anda. Aman dan mudah. 

Anda bisa mengajukannya secara online maupun datang ke cabang. Setelah itu dana yang Anda pinjam bisa langsung cair jika semua syarat dan ketentuan yang ada telah sesuai.

2. Suku Bunga Rendah

Setiap perusahaan pembiayaan memiliki besaran suku bunga yang berbeda-beda. Pilihlah perusahaan pembiayaan dengan suku bunga rendah dan tenor yang cukup panjang sehingga mampu menguntungkan Anda.

Manfaat pinjaman dengan suku bunga rendah dengan tenor yang panjang antara lain yaitu Anda memiliki waktu yang cukup untuk membayar cicilan tiap bulannya, sekaligus memperoleh keuntungan di waktu yang bersamaan. Jadi, saat cicilan pinjaman modal Anda telah tuntas terbayarkan, keuntungan yang Anda peroleh akan lebih banyak lagi.

3. Membantu Mengembangkan Usaha

Modal usaha adalah ujung tombak keberhasilan sebuah bisnis. Meskipun terdapat faktor pendukung lainnya seperti jiwa leadership dan kegigihan sang wirausaha, namun jika dijalankan tanpa modal yang memadai, besar kemungkinan kesempatan emas yang menghampiri Anda terlewatkan begitu saja.

Nah, dengan adanya modal usaha yang cukup, Anda bisa merasakan sederet manfaat pinjaman. Salah satunya yaitu membantu mengembangkan usaha Anda.

Selain itu, modal tersebut bisa Anda gunakan untuk menggaji karyawan dengan layak, menyewa tempat usaha seperti ruko ataupun gedung, membeli berbagai macam inventaris yang dibutuhkan, membuka cabang baru, sampai dengan dana darurat untuk kesiapan menghadapi berbagai kendala ataupun musibah yang sewaktu-waktu bisa menimpa bisnis Anda.

 

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Modal 10 Juta. Tertarik Untuk Mencoba?

 

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat pinjaman modal usaha lainnya yaitu mampu meningkatkan taraf hidup wirausaha atau peminjam modal. 

Pasalnya, dengan adanya pinjaman modal tersebut para pelaku usaha maupun UMKM memiliki kesempatan untuk mencapai mimpi dan tujuan mereka atas usaha yang tengah dirintis maupun yang sudah berjalan lama.

5. Berinovasi Dalam Bisnis

Bisnis adalah salah satu bidang yang sangat dinamis dan akan terus berkembang seiring perubahan jaman.

Oleh karenanya, penting bagi para wirausaha untuk melakukan inovasi agar usaha yang dimiliki bisa terus bertahan dan lebih berkembang lagi.

Nah, dengan adanya pinjaman modal usaha ini, para wirausahawan bisa merasakan manfaat pinjaman yang didapat untuk berinovasi dengan melakukan berbagai eksperimen baru.

 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Cara Melakukannya

 

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di BFI Finance

Khusus Sobat BFI yang tertarik untuk merintis usaha maupun mengembangkan usaha yang sudah ada, BFI Finance menyediakan peminjaman modal dengan pencairan dana yang cepat dan mudah.

Anda tidak perlu khawatir karena BFI Finance sudah terverifikasi oleh OJK. Pasti aman dan lancar! Untuk pengajuan pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dapat diakses melalui link di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 7 tahun.

Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance agar Anda tidak melewatkan kesempatan emas yang mungkin bisa datang kapan saja.

Dapatkan informasi menarik seputar keuangan, bisnis, pinjaman, dan lainnya di BFI Blog. Sampai ketemu lagi artikel kami selanjutnya. Salam bisnis!

 

Selalu ada jalan bersama BFI Finance.

Kategori : Pinjaman