Bisnis

16 Rekomendasi Franchise Kekinian Terbaik di 2024

Admin BFI
5 March 2024
3812
16 Rekomendasi Franchise Kekinian Terbaik di 2024

Di era industri dan bisnis yang terus berkembang, membuka usaha dengan sistem franchise telah menjadi pilihan banyak pengusaha. Franchise memberikan keuntungan dengan membawa merek yang sudah dikenal, sistem operasional yang teruji, dan dukungan dari pemilik merek. Apalagi jika memilih franchise kekinian brand yang sudah besar seperti Mie Gacoan, Es Teh Indonesia, dll, memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan per bulan berkali-kali lipat dari biasanya.

 

 

1. Apa Itu Franchise?

1.1 Menurut KBBI

Franchise, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah hak yang diberikan oleh perusahaan pemilik merek kepada pihak lain untuk menjalankan usaha dengan merek tersebut.

1.2 Pemasaran Barang dan Jasa

Franchise juga dapat dilihat sebagai metode pemasaran barang dan jasa yang melibatkan kerja sama antara pemilik merek (franchisor) dan pihak yang menjalankan usaha (franchisee).

1.3 Kerjasama

Kerjasama ini melibatkan pemakaian merek dagang, produk, dan sistem operasional tertentu yang telah teruji keberhasilannya. Adapun franchise yang laris biasanya dipengaruhi oleh brand apa yang dijadikan franchise.

1.4 Franchisee

Franchisee adalah pihak yang mendapatkan izin untuk menggunakan merek dan sistem operasional dalam menjalankan usaha.

1.5 Franchisor

Franchisor adalah pemilik merek atau perusahaan yang memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakan merek dan sistem operasional mereka.

 

2. 14 Rekomendasi Franchise Kekinian

2.1 Mie Gacoan

Mie Gacoan, dengan konsep mie instan yang unik dan beragam, telah berhasil menarik perhatian masyarakat. Dengan harga yang terjangkau, mie gacoan adalah salah satu franchise kekinian yang menjanjikan. Harga franchise Mie Gacoan sendiri dimulai dari Rp125 juta. Biaya tersebut bergantung pada lokasi dan ukuran gerai yang akan dibuka.

2.2 Mixue

Mixue, brand minuman asal China, telah sukses memikat konsumen Indonesia. Dengan konsep minuman dingin serta es krim yang segar dan inovatif, Mixue menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk franchise kekinian. Franchise Mixue sendiri memerlukan estimasi biaya Rp 374 juta, sudah termasuk biaya manajemen, deposit, dan peralatan.

2.3 Es Teh Indonesia

Dengan fokus pada minuman tradisional Indonesia, Es Teh Indonesia menyajikan variasi minuman teh yang autentik. Konsep ini berhasil menggabungkan cita rasa lokal dengan nuansa kekinian. Biaya franchise Es Teh Indonesia sendiri tergolong standar, yaitu sekitar Rp 120 juta dengan biaya lisensi selama 4 tahun.

2.4 Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken menawarkan menu ayam goreng krispi dengan berbagai varian rasa. Kelezatan dan keunikan cita rasa menjadi daya tarik utama franchise kekinian ini. Biaya franchise Sabana Fried Chicken sendiri mulai dari Rp 22 juta. Biaya tersebut mencakup booth untuk membuka usaha serta plang, agar mitra bisa langsung berjualan.

2.5 Subway

Subway tetap menjadi salah satu franchise terkemuka di dunia. Dengan konsep sandwich segar yang dapat disesuaikan oleh pelanggan, Subway terus mendominasi pasar franchise makanan cepat saji. Adapun biaya franchise Subway sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 3 miliar. Biaya tersebut sudah termasuk lisensi, renovasi, properti, alat, serta operasional.

2.6 Haus!

Haus! menawarkan minuman kekinian dengan berbagai macam varian rasa. Mereka telah bekerja sama dengan produk makanan terkenal seperti Take It dan Bengbeng. Harga minumannya pun terjangkau, sehingga semua lapisan masyarakat dapat menikmatinya. Adapun harga franchise kekinian ini dimulai dari Rp 200 juta untuk cabangnya.

2.7 Ayam Gepuk Pak Gembus

Ayam Gepuk Pak Gembus menyajikan ayam gepuk dengan sambal kacang yang menggugah selera. Keunikan menu dan ramainya konsumen yang ketagihan membuat franchise ini populer di kalangan pelanggan. Merk ini cocok untuk Anda yang mencari franchise yang murah, yaitu dimulai dari Rp 125 juta. Harga tersebut sudah mendapatkan full set peralatan dengan ukuran ruko minimal 32 meter persegi.

2.8 Chick e’Nin

Chick e’Nin menyajikan hidangan khas ayam crispy tanpa tulang dengan tepung khusus. Ayam ini memiliki berbagai varian rasa, yaitu barbeque, balado, keju, cabe pedas, sapi panggang, dan seaweed. Dimulai dari Rp 9 juta saja, Anda sudah siap berjualan dengan booth.

2.9 Dum Dum Thai Tea

Minuman Thai tea yang khas menjadi daya tarik utama Dum Dum Thai Tea. Dengan konsep warung yang menarik, Dum Dum Thai Tea berhasil meraih perhatian pecinta minuman kekinian. Dengan harga mulai dari Rp 6 juta, Anda sudah mendapatkan gelas takar, timbangan, termos dan centong ice, gelas stainless kecil, teko thai tea, sarangin thai tea, wadah bubuk, wadah sedotan stainless, dan sendok stainless.

2.10 Martabak Orins

Martabak Orins menghadirkan martabak dengan berbagai pilihan rasa dan topping. Kelezatan martabak ini membuatnya menjadi pilihan menarik dalam dunia franchise kuliner. Mulai dari Rp 75 juta, Anda dapat memulai bisnis franchise ini. Apalagi, bisnis ini dipercaya memiliki omset jutaan rupiah per hari, dengan margin 20%, membuat Martabak orins menjadi salah satu franchise yang menguntungkan.

2.11 KFC

Bisnis ini tentu diketahui oleh hampir semua orang. Pasalnya, KFC memiliki ayam yang khas dengan rasa yang tidak terlupakan. Dengan terkenalnya KFC, maka Anda perlu menyiapkan dana hingga Rp 2 miliar untuk membangun franchise. Harga tersebut diperlukan untuk membeli lahan tanah serta membangun gerai KFC.

2.12 Fore Coffee

Fore Coffee, dengan konsep kafe yang cozy dan kopi berkualitas, berhasil menarik minat para pecinta kopi. Kehadiran Fore Coffee di berbagai kota besar membuatnya menjadi franchise kopi yang diminati. Harga franchise nya pun beragam, mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 800 juta.

2.13 Janji Jiwa

Janji Jiwa meraih popularitas dengan menyajikan kopi berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing. Konsep minuman yang beragam membuatnya menjadi pilihan untuk bisnis franchise kekinian. Jika ingin membuka franchise Janji Jiwa, maka Anda memerlukan biaya Rp 150 juta hingga Rp 200 juta. Biaya ini sudah termasuk sewa tempat, karyawan, dan dukungan promosi secara keseluruhan.

2.14 Teh Poci

Teh Poci mengusung konsep minuman es teh manis sebagai minuman utama mereka. Walau begitu, mereka memiliki varian-varian lain dengan es teh sebagai base. Adapun harga franchise Teh Poci disesuaikan dengan wilayah. Untuk Pulau Jawa, modal awal franchise adalah sebesar mulai dari Rp 9,2 juta sudah termasuk booth berukuran 105 cm x 65 cm x 200 cm dan sudah termasuk peralatan kerja dan bahan baku 500 cup. Sedangkan di luar Pulau Jawa, modal awal adalah sekitar Rp 11 juta.

2.15 Cooler City

Cooler City menawarkan es krim dan teh dingin dengan varian rasa. Dengan harga per item yang terjangkau, Anda dapat menikmati sensasi dingin yang menggugah selera. Adapun harga franchise dari Cooler City mulai dari Rp 260 - Rp 265 juta, sesuai daerah. Biaya tersebut termasuk survey, manajemen per tahun, pelatihan, deposit awal, serta alat dan bahan.

2.16 Geprek Bensu

Geprek Bensu merupakan rumah makan yang dirintis oleh artis terkenal, Ruben Onsu. Menu dari Geprek Bensu sendiri bervariasi, namun mayoritas yang mereka jual ialah paket ayam geprek dengan nasi. Mengenai biaya untuk menjadi mitra franchise Geprek Bensu, besarnya mencapai 5% dari nilai paket yang Anda pilih. Dengan kata lain, apabila Anda memutuskan untuk mengambil paket senilai 400 juta, royalty fee yang dikenakan akan sejumlah 14 juta per tahun, dengan perkiraan waktu pengembalian modal dalam kurun waktu 10 bulan.Biaya tersebut sudah mencakup hak lisensi penggunaan merek, pelatihan karyawan, desain gerai, pemasok peralatan dasar, pemasok seragam kerja, panduan tata kelola harian, perangkat lunak kasir POS (Point of Sales), dan materi promosi.

 

3. Cara Mendapatkan Modal Usaha Franchise

Rekomendasi Franchsie Kekinian

3.1 Tabungan Pribadi

Menggunakan tabungan pribadi dapat menjadi opsi untuk mendapatkan modal usaha franchise, terutama jika Anda sudah memiliki simpanan yang cukup.

3.2 Ajak Teman

Mengajak teman untuk menjadi mitra usaha dapat membantu dalam mengumpulkan modal bersama-sama. Kerjasama ini juga dapat memperbesar peluang kesuksesan bisnis.

3.3 Mendapatkan Modal dari Pemerintah

Program-program pemerintah yang mendukung UMKM dapat menjadi sumber modal yang sangat berguna. Melalui proposal yang baik, Anda dapat mengajukan bantuan dan dukungan ke pemerintah.

3.4 Mencari Investor

Mencari investor yang tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis franchise Anda dapat menjadi langkah strategis. Investor dapat membantu menyediakan modal yang diperlukan.

3.5 Crowdfunding

Crowdfunding adalah metode mengumpulkan modal melalui kontribusi dari banyak orang. Melalui platform crowdfunding, Anda dapat mempresentasikan ide bisnis Anda dan meminta dukungan finansial dari masyarakat.

3.6 Pinjaman dengan Jaminan

Mengajukan pinjaman dengan jaminan, seperti aset atau kendaraan, dapat menjadi cara untuk mendapatkan modal usaha. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan risiko dan kemampuan untuk melunasi pinjaman. Salah satu lembaga pinjaman multiguna yang menawarkan pinjaman dengan jaminan adalah BFI Finance. Adapun BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman dengan jaminan BPKB motor, BPKB mobil, sertifikat rumah/ruko secara konvensional dan syariah untuk berbagai keperluan produktif dan konsumtif seperti pengembangan bisnis, renovasi rumah, investasi, dana pendidikan anak, dll.

 

Dengan memilih franchise yang tepat dan memanfaatkan sumber modal yang efektif, Anda dapat memulai bisnis franchise kekinian yang potensial sukses di tahun 2024. Pilihlah sesuai dengan minat dan keahlian Anda, serta lakukan riset pasar yang baik sebelum memulai petualangan bisnis ini.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis