Artikel

11 Motor Listrik Buatan Indonesia, Yang Mana Favoritmu?

2022-06-11 00:00:00 7824
11 Motor Listrik Buatan Indonesia, Yang Mana Favoritmu?

Tidak banyak yang tahu jika Indonesia telah memproduksi motor listrik dalam jumlah yang cukup banyak. Penggunaan kendaraan bermotor listrik terus digalakkan untuk mencegah peningkatan emisi karbondioksida yang berbahaya. Selain ramah lingkungan, kelebihan kendaraan bermotor listrik yaitu hematnya penggunaan bahan bakar, perawatan yang mudah, dan tidak menimbulkan suara yang bising. Nah, adakah Sobat BFI disini yang ingin memiliki salah satu motor listrik buatan Indonesia ini? Berikut tim BFI Finance berikan informasi mengenai 11 motor listrik buatan Indonesia yang tidak kalah kualitasnya dengan produksi luar negeri.

 

11 Motor Listrik Buatan Indonesia  

1. Gesits

Motor listrik buatan Indonesia yang pertama yaitu bernama Gesits. Motor listrik Gesits telah dikembangkan sejak tahun 2018, dan baru-baru ini telah resmi dipasarkan secara luas. Secara fisik, motor listrik buatan Indonesia ini memiliki tampilan seperti Honda Vario tahun 2017 dengan garis bodi yang tegas dan sporty. Gesits tampil dengan tiga varian warna yaitu merah, hitam, dan putih.

Untuk spesifikasinya, motor listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya 5 Kw. Saat baterai terisi penuh, Gesits dapat menempuh jarak sekitar 50 km menggunakan baterai tunggal dan 100 km jika menggunakan baterai ganda. Pengisian daya listriknya pun tergolong singkat yaitu membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam saja hingga terisi penuh. Harga jual motor listrik Gesits ini dibandrol mulai dari Rp 26 juta.

Motor listrik buatan Indonesia Gesits

Motor Listrik Indonesia Gesits. Image Source: Kompas Otomotif

2. Viar Q1

Jika Gesits mengusung desain modern, motor listrik buatan Indonesia kali ini mengusung tema retro, yaitu Viar Q1. Motor listrik Viar Q1 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 dan hingga saat ini telah memiliki 2 generasi motor yang berbeda. Viar Q1 menggunakan baterai Lithium-Ion 60v 23 Ampere yang membutuhkan waktu 4 hingga 5 jam untuk pengisiannya hingga penuh. Jika baterai sudah terisi penuh, Viar Q1 mampu berpacu hingga jarak maksimal 60 km dengan kecepatan maksimal 60km/jam. Harga jual Viar Q1 dipasaran mulai dibandrol dari Rp 18 juta saja!

Motor listrik buatan Indonesia Viar Q1

Motor Listrik Indonesia Viar Q1. Image Source: Kompas Otomotif

3. Quest Motors Atom Alpha

Ini dia motor listrik buatan Indonesia yang didesain langsung dari mantan teknisi Tesla, Niko Questera! Yap, adalah Quest Motors Atom Alpha. Motor listrik ini pertama kali diperkenalkan pada event GIIAS tahun 2021. Konsep utama dari Atom Alpha ini adalah mengutamakan desain yang simpel dan fungsional.

Quest Motors Atom Alpha memiliki tiga tipe yang berbeda yaitu LITE, PLAY, dan Pro. Tipe Lite adalah jenis Quest Motors Atom Alpha yang terendah dengan ukuran baterai 240 Wh dan dapat menempuh jarak maksimal 8 km untuk sekali pengisian baterai hingga penuh. Sementara, untuk jenis PLAY memiliki kapasitas baterai 480 Wh yang dapat menempuh jarak maksimal 16 km. Untuk tipe tertingginya yaitu Pro, tipe ini dilengkapi dengan kapasitas baterai 720 Wh yang dapat dikendarai hingga jarak maksimal 24 km untuk penggunaan baterai penuh. Lama pengisian baterai memakan waktu dari 2 hingga 3,5 jam saja.

Harga yang ditawarkan oleh Quest Motors Atom Alpha ini mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 16,9 juta. Tertarik untuk memilikinya satu saja?

Motor listrik buatan Indonesia Quest Motors Atom Alpha

Motor Listrik Indonesia Quest Motors Atom Alpha. Image Source: GridOto

4. United Motor T1800

Desain United Motor T1800 mengingatkan kita pada Yamaha NMax dengan desain yang sporty, lekukan tegas, dan elegan. Tidak hanya menawarkan warna hitam, motor listrik United Motor T1800 ini hadir dalam 6 varian warna lainnya. Motor listrik ini dapat dioperasikan dengan 4 mode kecepatan yaitu speed 1 dengan kecepatan 50 km/jam, speed 2 kecepatan 60 km/jam, speed 3 kecepatan 65 km/jam, dan turbo dengan laju kecepatan 70 km/jam.

Tampilan dashboardnya pun tidak kalah cantik yaitu sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Satu lagi fitur yang dapat diandalkan dari motor listrik buatan Indonesia ini adalah penyediaan bagasinya yang luas yang cukup untuk menyimpan baterai cadangan. United Motor T1800 sudah menggunakan charger dengan daya 15 ampere, sehingga pengisian baterai akan lebih cepat. Satu unit United Motor T1800 dijual dengan harga mulai dari Rp 27.000.0000.

Motor listrik buatan Indonesia United Motor T1800

Motor Listrik Indonesia United Motor T1800. Image Source: Kompas Otomotif

5. Selis Eagle Prix

Selis Eagle Prix memiliki desain seperti skuter eropa yang ramping dan sederhana. Satu hal yang mencolok dari desain Selis Eagle Prix adalah letak bagasinya yang berada di bagian luar belakang motor membentuk seperti box. Hampir sama seperti spesifikasi motor listrik lainnya, Selis Eagle Prix sudah dilengkapi dengan lampu LED pada bagian dashboard, lampu depan dan belakang. Motor listrik ini didukung oleh baterai dengan kapasitas 48 Volt 20 Ah yang membutuhkan 7 jam hingga baterai terisi penuh. Jika baterai sudah terisi penuh, Selis Eagle Prix mampu melaju hingga kecepatan maksimal 40 km/jam. Dengan spesifikasi tersebut, harga jual Selis Eagle Prix dipasaran berkisar dari Rp 12.000.000, cukup terjangkau dibandingkan kompetitornya.

Motor listrik buatan Indonesia Selis Eagle Prix

Motor Listrik Indonesia Selis Eagle Prix. Image Source: SELIS

6. Elders Elettrico

Tidak hanya memiliki desain yang sporty dan futuristik, motor listrik buatan Indonesia juga ada yang khusus didesain menyerupai vespa. Yap, inilah Elders Elettrico. Elders Elettrico mengajak pelanggannya untuk bernostalgia dengan desain vintage vespanya, namun tentunya dengan tetap mengedepankan spesifikasinya yang canggih. Motor listrik ini didukung dengan kapasitas daya baterai 52V 24 Ah yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 55 km/jam. Untuk dapat mengisi daya baterai hingga terisi penuh, motor listrik ini membutuhkan waktu hingga 6 jam. Pilihan warna yang disediakan juga beragam lho, Sobat BFI. Jika Anda termasuk kedalam vespa holic, tentunya Elders Elettrico sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai kendaraan alternatif.  Harga jual motor listrik ini mulai dari Rp 18.500.000.

Motor listrik Indonesia Elders Elettrico

Motor Listrik Indonesia Elders Elettrico. Image Source: JPNN

 

Baca Juga: Mobil Listrik Buatan Indonesia

 

7. Elvindo

Elvindo atau Electric Vehicle Indonesia adalah motor listrik buatan Indonesia yang memiliki lokasi perakitan di Cikup, Tangerang, Banten. Elvindo Rama menamai tipe-tipe produknya menggunakan penamaan khas Indonesia seperti Wira, Arjuna, Rama, dan Shinta. Desain Elvindo Rama dan Arjuna dapat dibilang cukup mudah dikenali dengan bentuk bagian depannya yang membentuk persegi panjang. Untuk jenis Elvindo Shinta, didesain lebih feminim menyerupai skuter honda scoopy. Kecepatan maksimal untuk jenis Elvindo Rama, Shinta, dan Arjuna dapat dikendarai dengan kecepatan 60km/jam. Sementara, untuk jenis Elvindo Wira, mampu melaju dengan kecepatan maksimal 35 km/jam. Harga jualnya pun cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Rp 13.500.000 untuk tipe tertingginya.

Motor listrik Indonesia Elvindo

Motor Listrik Indonesia Elvindo. Image Source: Kompas Otomotif

8. Honda PCX Electric

Meskipun dibawah naungan Honda yang notabene produk asli Jepang, namun dalam versi Honda PCX Electrix ini, Honda merancang spesifikasi khusus untuk pasar Indonesia. Perbedaannya terletak pada jenis colokan charger yang disesuaikan dengan jenis yang ada di Indonesia dan label peringatannya. Honda PCX Electrix ini adalah jenis motor listrik yang pertama kali dipasarkan dari Honda di Indonesia. Diperkenalkan pada tahun 2019, tetapi hingga kini motor listrik ini belum dipasarkan secara umum untuk masyarakat Indonesia, melainkan hanya bisa untuk disewa oleh perusahaan atau instansi.

Berbicara tentang Honda, tentunya spesifikasinya tidak perlu diragukan lagi. Dengan desain yang mewah dan sporty, motor listrik ini dapat menjadi pesaing utama bagi para pelaku usaha motor listrik di Indonesia ini.

Untuk spesifikasinya yaitu didukung dengan baterai kapasitas 50.4 V 20.8 Ah yang mampu berkendara hingga kecepatan maksimal 65 km/jam dan jarak maksimal 69 km ketika baterai terisi penuh. Untuk harga sewanya, mulai dari Rp 2 juta saja.

Motor listrik Indonesia Honda PCX Electric

Motor Listrik Indonesia Honda PCX Electric. Image Source: Astramotor

9. Rakata

Dibanding dengan kompetitornya, perusahaan motor listrik Rakata hadir lebih dulu memperkenalkaan produknya sejak tahun 2010. Motor listrik buatan Indonesia ini memiliki pabrik rakitan di Tangerang, Banten dan berkantor pusat di Jakarta Selatan. Motor listrik Rakata memiliki 4 jenis produk yang berbeda yaitu NX8, NX3, X5, dan S9, dengan Rakata NX8 menjadi tipe dengan spesifikasi tertingginya.

Spesifikasi motor listrik Rakata hampir sama dengan kompetitor pada umumnya. Pada Rakata X5 misalnya, dilengkapi dengan baterai kapasitas 60V 20 Ah yang mampu melaju hingga kecepatan maksimal 65 km/jam. Jenis ini juga memiliki fitur mode parkir yang berfungsi agar motor tidak dapat digas dalam posisi kontak on. Harga jual motor listrik Rakata ini dibandrol mulai dari Rp 20.500.000 untuk area Jabodetabek.

Motor listrik Indonesia Rakata

Motor Listrik Indonesia Rakata. Image Source: Motorplus

10. BF Goodrich

Selanjutnya, ada motor listrik buatan Indonesia yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Adalah BF Goodrich yang tidak hanya menjual motor listrik beroda dua, tetapi juga beroda tiga. Varian yang ditawarkannya pun cuku beragam, BF Goodrich berani menjual 10 jenis produk motor listrik yang berbeda.

Untuk tipe produk yang dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari yaitu tipe BF G2, BF Q7, BF Small S, dan BF CG. Keunggulan yang ditawarkan oleh motor listrik BF Goodrich ini adalah penggunaan watt yang rendah tidak sampai 300 watt dan harga yang murah. Dari keempat tipe motor listrik tadi, harga jual yang paling rendah yaitu Rp 8.000.000 dan tertingginya di ada di harga Rp 19.800.000.

Motor listrik buatan Indonesia BF Goodrich

Motor Listrik Indonesia BF Goodrich. Image Source: Motorplus

11. Nusa Khatulistiwa

Motor listrik buatan Indonesia yang terakhir yaitu Nusa Khatulistiwa atau Nusa_K. Motor listrik ini berbeda dengan jenis motor listrik lainnya karena menawarkan spesifikasi khusus yaitu tipe motor sport. Sehingga, dari desainnya saja memiliki desain yang besar dan maskulin. Motor listrik Nusa Khatulistiwa dikembangkan sejak tahun 2020 oleh dua pemuda kreatif Indonesia yaitu Domex Mandey dan Tomi Gunawan.

Nusa Khatulistiwa varian Basic didukung oleh baterai Lihtium Ion Cell dengan kapasitas 10 KwH dan dipercaya mampu melaju hingga jarak 180 km untuk sekali pengisian baterai penuh. Tidak tanggung-tanggung, harga jual Nusa Khatulistiwa varian Basic berada di angka Rp 140 Juta! Sementara, untuk varian TooFast dihargai mulai dari Rp 180 juta.

Motor listrik Nusa Khatulistiwa

Motor Listrik Indonesia Nusa Khatulistiwa. Image Source: Kompas Otomotif

 

Nah, itulah informasi mengenai kesebelas motor listrik buatan Indonesia yang patut kita apresiasi dalam proses produksinya. Sebagai masyarakat Indonesia, peran kita adalah tetap mendukungnya secara positif ya, Sobat BFI. Lebih baik lagi jika Anda dapat menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari Anda. Semoga kedepannya, produksi motor listrik buatan Indonesia ini dapat bersaing di kancah global.

Berbicara mengenai produk motor, BFI Finance selaku salah satu perusahaan pembiayaan terpercaya dan tertua di Indonesia, memiliki produk pembiayaan kendaraan bermotor khususnya untuk roda dua dan roda empat. Melalui pembiayaan kendaraan bermotor di BFI Finance, Anda dapat memanfaatkan dana pembiayaan tersebut untuk keperluan tambahan modal usaha, biaya renovasi rumah, biaya pendidikan hingga persiapan dana darurat. Anda cukup menjaminkan BPKB Motor atau BPKB Mobil, kemudian Anda berkesempatan untuk mendapatkan pembiayaan dengan suku bunga yang rendah dan plafond yang beragam. Hingga kini, BFI Finance telah membantu untuk memenuhi kebutuhan finansial ribuan pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, jika Anda memiliki rencana untuk mengajukan pembiayaan, percayakan saja kepada BFI Finance!

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

BFI Finance, Solusi Segala Kebutuhan Finansial Anda!

 

Sumber: